Hangatnya Semangkok Ronde Jago Salatiga


Hangatnya Semangkok Ronde Jago Salatiga

Ronde Jago , Jl. Jederal Sudirman No. 9 (Pasar Raya 2),
Salatiga Telp. 0298-321813

Warung Ronde Jago terletak di . Jederal Sudirman No. 9 (Pasar Raya 2), Salatiga, tepat di belakang pasar Salatiga. Dari jalan Jenderal Sudirman masuk ke gang kecil di antara Sate Suruh dan Polsek. Dulu warung ini berada di Pinggir jalan dan kemudian pemiliknya memindahkan kedalam. Warung ronde ini dinamakan warung ronde Jago karena pada jaman dulu, warung ini berjualan bersamaan dengan distributor Jamu Jago, sehingga akhirnya dikenal dengan warung ronde Jago.
Warung Ronde Jago mulai berjualan pada tahun 1964, dan sempat berhenti beberapa tahun karena situasi politik dan keamanan Indonesia yang kurang stabil waktu itu. Pada tahun 1968, warung ronde ini kembali berjualan kembali sampai sekarang. Saat ini dikelola oleh Pask Joni dan Bu Ivon sebagai pemilik warung.

Ketika kami datang, sudah ada pembeli lain yang sedang menikmati wedang ronde. Kami pun segera memesan makanan dan minuman kami masing-masing. Saya dan Ibunya Afa memesanwedang ronde komplit, sedangkan untuk makannya saya dan Afa memesan mie kopyok dan Ibunya Afa memesan batagor.

Melayani Pembeli

Tidak lama kemudian pegawai warung menyiapkan wedang ronde pesanan kami. Mula-mula dia memasukkan bahan-bahan wedang ronde  yaitu kolang-kaling, kacang, ronde, irisan jeruk kering, irisan manisan tangkeh kering, agar-agar dan sagu mutiara ke dalam cangkir kecil. Bahan-bahan itu kemudian dimasukkan kedalam mangkuk kecil dan kemudian dituangi air jahe panas dan ditaburi rumput laut. Cara meracik wedang ronde dan isi didalamnya merupakan salah satu kekhasan wedang ronde jago yang belum pernah saya jumpai sebelumnya. Beraneka ragam isi minuman ini yang mengakibatkan ronde jago memiliki rasa yang kaya dan citarasa yang special.


Wedang Ronde

Mie Kopyok

Batagor


Risoles

Setelah pesanan kami selesai dan disajikan, saya kemudian segera menikmatinya. Cuaca Salatiga yang mendung dan disertai hujan rintik-rintik menjadikan suasana yang nyaman buat menikmati semangkuk ronde. Menurut saya, wedang rondenya nikmat sekali, jahenya terasa sekali, dan isi di dalamnya memperkaya  rasanya, dan sesekali ada kejutan-kejutan kecil dari irisan jeruk dan manisan tangkeh. Kacangnya empuk dan rondenya tidak kenyal, cocok berpadu dengan hangatnya air jahe.


Menikmati

Peta Lokasi:


Silahkan klik foto di atas untuk mengetahui lokasi detil

Peta Lokasi:

Referensi Lain:
1. Wedang Ronde Sekoteng Ayam Jago 
2. Buah Kesabaran Tukang Ronde Keliling
3. Menduniakan Salatiga Melalui Ronde

One Response to “Hangatnya Semangkok Ronde Jago Salatiga”

  1. Ciktun Cell Says:

    1 porsi wedang ronde sm mie kopyok dan batagor brp hrg ne ya


Leave a comment