Menikmati Bakmi Goreng Brutu di Bakmi Pak Man Muntilan


Menikmati Mi Goreng Brutu di Bakmi Pak Man Muntilan

Warung Bakmi Pak Man, selatan Bangjo Pasar Muntilan, Muntilan

Sabtu 18 Juli 2009, saya dan Mas Eka berniat untuk makan bakmi jawa di Muntilan. Ada dua alternative yang menjadi tujuan kami, bakmi Pak Man dan Pak Sukis, keduanya berlokasi di selatan Bangjo pasar Muntilan. Kami berangkat dari rumah Turi jam 21.50 dan sampai di Muntilan sekitar pukul 22.10, dan akhirnya kami memutuskan untuk makan bakmi di warung bakmi Pak Man.

100_5189 (Medium)Warung Bakmi Pak Man

Warung bakmi Pak Man berupa sebuah warung sederhana, dengan beberapa kursi dan tempat duduk lesehan. Pak Man berjualan sudah cukup lama, semenjak dia masuh bujangan, dan sejak tahun 1994 digantikan oleh Bu Wasini yang merupakan istri Pak Man. Warung ini buka setiap hari sejak pukul 15.00 dan tutup paling lambat jam 24.00. Dalam sehari warung ini menghabiskan 8 kg mi dan 8 ekor ayam. Menu yang tersedia antara lain bakmi goreng, bakmi  godog, nasi goreng , capcay dan magelangan.

100_5187 (Medium)Bu Wasini Memasak Bakmi

Sementara minuman yang tersedia angtara lain tehe panas dan es teh. Kami memesan teh panas untuk minumannya.

100_5178 (Medium)Membuat Minuman

Saya memesan bakmi goreng brutu, sementara Mas Eka memesan bakmi goreng telur. Bu Wasini kemudian memasak satu persatu pesanan kami di atas anglo, sementara kami duduk lesehan sambil menikmati segelas teh manis. Suasana malam yang dingin di kota muntilan, semakin menambah nikmat sruput demi sruput teh yang kami nikmati.

IMG_2788 (Medium)Bakmi Goreng

Tidak berapa lama kemudian, pesanan kami datang. Dan kami pun segera menikmatinya. Saya cukup surprised karena rasa bakminya sangat nyamleng, tidak kalah dibandingkan dengan beberapa bakmi jawa yang cukup terkenal di Jogja.

100_5206 (Medium)Menikmati Bakmi Goreng

Porsinya cukup besar, Mienya empuk, tidak bau, potongan daging ayamnya besar-besar dan banyak setiap sendok ada dagingnya, bumbu terasa, nyamleng. Saya dan Mas Eka sangat puas dengan citarasa bakmi Pak Man ini.

Setelah selesai makan, kami berbincang-bincang dengan Bu Wasini, sambil menunggu perut yang kekenyangan turun. Sekitar jam 11.10 kami pulang kembali ke Turi, setelah membayar makan malam kami. Seporsi bakmi goreng brutu harganya 10 ribu, bakmi goreng telur 9 ribu dan the panas 1500, harganya yang terlalu murah dibandingkan kenikmatan citarasa dari seporsi bakmi goreng. [by kom]

Advertisements

11 Responses to “Menikmati Bakmi Goreng Brutu di Bakmi Pak Man Muntilan”

  1. musafak Says:

    wah wah aku kok nggak tau kl di muntilan ada bakmi yg enak, pd hal aku org mgl ,lihat yg lg mkn bakmi bikin ngiler pengen coba…

  2. NUGROHO Prapto Says:

    Ketoke kok aku pernah ke sini pas jaman KKN 😀

  3. mas agus susanto Says:

    saya waktu pulang ke muntilan dah ga liat pa man lage mang kemana yah.???.. dia../ karena sangsi ama penggantinya saya membeli di sebelahnya ( sukis) mayann jugaaa…

    • sulastama Says:

      dulu waktu saya nulis ini, yang jual istri Pak Man, kalau masakan Pak Man sendiri saya belum pernah mencoba. keunggulan bakmi jawa muntilan-an adalah ayamnya yang banyak dan empuk.
      Kalau bakmi Pak Sukis itu yang warung Medina itu ya?

  4. aji Says:

    kalau aku langganannya di bakmi mbak min. deket gerdu listrik itu. lokasi yang paling selatan

    • sulastama Says:

      terima kasih infonya, nanti kapan-kapan tak nyoba bakmi mBah Min-nya…
      bakmi muntilan kayaknya memang mantaps2.. ayamnya banyak dan harganya affordable.

  5. hemmy Says:

    Masih ad satu lagi Bakmi Jawa yang wajib dicoba,tepatnya di sayangan pojok atas Bakmi Pak Wardi baik Bakmi maupun Nasi gorengnya Mantap.

  6. pebriyanto Says:

    Memang betul… enak banget….. Liburan lebaran tahun 2016 kami menikmati masakan mie godog dan nasi goreng Bu Man… kami dari surabaya, masakan Bu Man di muntilan memang jadi pilihan kuliner di muntilan, istri saya sampai kangen masakannya…soalnya di surabaya belum menemukan masakan seperti Bu Man Muntilan…

    Tank’s artikelnya


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: